インドネシア現地ニュース紹介ブログ

インドネシアの様々なニュース記事などを紹介するブログです。よろしくお願いいたします。

インドネシアのEC市場2(Matahari Mall.comがオリジナルファッションブランド「Malvis & Massilca」を立上げ)

 

www.beritasatu.com

Jakarta - Mataharimall.com meluncurkan koleksi eksklusif bernama Mavis & Massilca. Private label untuk beragam produk fashion ini ditujukan bagi konsumen dengan rentang usia 22-35 tahun atau yang bergaya muda. Yang menarik, konsumen mendapatkan kemudahan fasilitas berupa cocok baru bayar dan gratis 100 hari pengembalian barang yang tak cocok.

"Brand Mavis & Massilca diluncurkan karena melihat kebutuhan dan behaviour pelanggan yang memiliki banyak peran. Di pagi hari seorang laki-laki bisa jadi ayah, siang jadi pimpinan, dan malam jadi teman. Begitu juga perempuan. Kalau pakai baju banyak, ribet. Jadi, konsep Mavis dan Massilca bisa untuk the whole day dengan beragam pilihan," kata CEO Mataharimall.com Hadi Wenas kepada Investor Daily di Jakarta, Rabu (2/5).

Mavis, kata Hadi, menawarkan koleksi untuk laki-laki. Sedangkan Massilca untuk perempuan. "Koleksi Mavis dan Massilca terdiri atas tiga, yaitu koleksi basic, sport casual, dan feminin seperti dress serta gentleman seperti kemeja," terang Hadi.

Sementara ini, koleksi yang didesain oleh tim desainer Mataharimall.com ini hanya terdapat di MatahariMall.com. "Untuk ke depan, bisa saja Mavis & Massilca juga dijual secara offline di Matahari Department Store," kata Hadi.

Terus tumbuh

Hadi optimistis, Mavis & Massilca diterima baik oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Terlebih, sejak diluncurkan MatahariMall.com tiga tahun lalu, kontribusi penjualan produk fashion terus meningkat. "Pada awal 2016, kontribusi fashion hanya 20% dan terus meningkat menjadi 60% pada akhir 2017. Apalagi harga yang ditawarkan Mavis & Massilca sangat masuk di kantong kebanyakan masyarakat. Dengan kualitas baik, kami menawarkan harga busana mulai Rp 50.000-250.000 dan sepatu mulai Rp 90.000," ungkap Hadi.

Tak hanya itu, yang menarik bagi konsumen selain harga adalah adanya layanan Cocok Baru Bayar dan Gratis Pengembalian selama 100 hari. "Masyarakat masih banyak yang belum mau belanja fashion secara online karena takut tidak cocok ukuran dan bahan. MatahariMall memberikan kemudahan cash on delivery (COD) dan barang cocok baru dibayar. Kalaupun setelahnya merasa tidak cocok juga, masih ada masa pengembalian barang hingga 100 hari, dengan syarat barang belum pernah dipakai, tidak kotor atau rusak, dan labelnya belum dicopot," jelas Hadi.

Secara industri, lanjut Hadi, potensi pasar belanja online pun masih sangat luas dan terus tumbuh seiring dengan semakin luasnya penetrasi internet di Indonesia. "Di dunia pun, belanja online baru mencapai 20% dibandingkan offline. Di Indonesia, dengan jumlah penduduk 262 juta jiwa, penetrasi internet di Indonesia mencapai 54% atau sekitar 131 juta. Dari jumlah itu, 130 juta atau 100% terakses denganFacebook dan 53 juta mengakses instagram. Meskipun demikian, belanja online di Indonesia baru mencapai 2% dibanding belanja offline. Namun kami optimismis bisa mengambil potensi pasar tersebut dengan diluncurkannya Mavis & Massilca," kata Hadi.

Strateginya, lanjut Hadi, konsumen harus diedukasi dan diberi pilihan menarik. "Caranya, selain menawarkan ragam pilihan produk berkualitas, harga terjangkau, dan layanan Cocok Baru Bayar, MatahariMall.com juga memberikan instagram padu padan busana yang gaya dari fashion influencer dan follower MatahariMall.comsehingga dapat mengedukasi bagaimana memadupadankan fashion item yang gaya," jelas Hadi.

 

(木村日本語訳

  ジャカルタ-Mataharimall.comマタハリモールドットコム)は、Mavis & Massilcaというコレクションを立ち上げる。このプライベートファッションブランドは22歳から35歳、あるいは若々しいスタイルを好む消費者を対象としている。消費者は自分にあった商品であればお金を払う、合わない場合は100日間返品ができるというサービスの特長もある。

 Malvis & Massilcaのブランドは日常の中で様々な役割を持って活動してする顧客、そしてそのニーズに合わせるために立ち上げられました。例えば、朝はひとりの男性が父親として、昼には社長として、また夜になれば誰かの友人として振る舞う。もちろん女性も同じです。しかし、そのためにたくさんの服を着るのはとても面倒なことだと思います。だから、Malvis & Massilcaは様々な選択肢の中から一日中使える装い、をというコンセプトを持っています。」Mataharimall.comCEOであるHadi Wenas氏は52ジャカルタにてInvestor Dailyに語った。

 Hadi氏によれば、Mavisは男性向けのコレクション、Massilcaは女性向けのコレクションとのこと。

 MavisMassilcaのコレクションは3つからなりたっています、まずはベーシックなコレクション、そしてスポーツカジュアル、さらに女性であればドレスのような(女性的な)もの、男性であればシャツのような(男性的な)ものです。」Hadiは続けた。

   このMataharimall.comのデザイナーチームのコレクションは、当面の間Mataharimall.com内のみでのの販売となる。「将来的には、Mavis & Massilcaがオフライン、つまりマタハリデパートで販売されることがあるかもしれません。」とHadi氏。

 

成長を続ける市場で

   Hadi氏はMalvis&Massilcaインドネシア社会に肯定的に受け入れられるとポジティブに考えている。3年前にMataharimall.comが立ち上がって以降、アパレル分野の売上に対する貢献度は上昇し続けている。

2016年の前半、アパレル分野の貢献度は20パーセント程度にとどまっていましたが、2017年の終わりには60パーセントまで上昇ししました。」ましてやMalvis & Massilcaの提供する商品の価格帯であれば、多くの国民の手が届くことでしょう。商品の質も高く、衣料品であれば50,000ルピアから250,000ルピア、靴であれば90,000ルピア程度から提供します。」とHadiは明らかにした。

   これだけではなく、消費者にとって魅力的なのは、自分にあったものであれば初めてお金を払う、そして100日間は返品が可能というサービスである。

「多くの国民はまだオンラインで衣料品を買うことを躊躇しています。なぜなら、商品自体やサイズが自分に合わないということが怖いからです。Mataharimallでは簡単な代引システムを採用しており、顧客は自分にあった商品であれば初めてお金を払うシステムになっています。それ以降も、合わないと感じた場合は、その商品をまだ着用していないこと、汚れたり破けたりしていないこと、ラベルが外されていないことなどを条件しにて100日間は返品を受け付けることができます。」とHadi氏は説明している。

   オンラインショッピングのポテンシャルは非常に広いもので、インドネシア国内におけるインターネットのさらなる広がりとともに引き続き成長を続けている。

「世界中で見ても、オンラインショッピングは店頭での買物と比較して20パーセントに達しています。インドネシアにおいては、人口2.62億人のうち、インターネットそのものの普及率は54パーセント、つまり1.3億人に達しており、そのうちの1.3億人、つまりほぼ100パーセントがFacebookを、5,300万人がInstagramを利用しています。それにもかかわらず、インドネシアでオンラインショッピングは店頭での買物と比較して2パーセントまでしか達していません。そういった状況ですが、私たちは、Mavis & Massilcaによって、ポテンシャルのあるオンラインショッピングの市場を獲得することができると考えてい

ます。」とHadi氏は述べている。

   戦略としては、魅力的な選択肢を消費者に与え、知ってもらうこと。

「様々な品質の高い商品を手頃のな価格、独自の支払システムで提供する、またMataharimall.comはファッションに影響力のある人間(Fashon Influencer)のコーディネートをインスタグラム上でシェアする、それによって、マタハリモールドットコムのフォロワーたちはお洒落なファッションアイテムをどのようにコーディネートすればいいかということを知ることができます。」とHadi氏は説明している。以上

 

また宜しくお願いいたします!!