インドネシア現地ニュース紹介ブログ

インドネシアの様々なニュース記事などを紹介するブログです。よろしくお願いいたします。

10月5日より、マンガライ駅〜スカルノハッタ空港へのサービスを開始

[10月5日より、マンガライ駅〜スカルノハッタ空港へのサービスを開始]

こんにちは。インドネシアブログを更新します。

インドネシアによく出張に行かれる方とか、住んでいらっしゃった方はよくご存じのことだとは思うのですが、ジャカルタはパワーのある街で、町中が人で溢れかえっています。すでに人口減少局面に入っている日本とは大違いで、今も人口が増え続けています。

 

ジャカルタ首都特別州(Daerah Khusus Ibukota JAKARTA)」、つまり首都ジャカルタの部分だけですでに人口が一千万人を超えており、周囲のジャカルタ都市圏を合わせると三千万人超、ですから、東京都市圏を追い抜かすのも時間の問題ですよね。

 

ちなみに、日本語では「ジャカルタ都市圏」という言い方をしますが、「Jabodetabekジャボデタベック)」という言い方がインドネシア語ではよく出てきます。これは「ジャカルタ首都特別州」とそれを取り囲む周辺の自治体を合わせた呼び方になります。

 

Jakartaジャカルタ)、Bogor (ボゴール)、Depok (デポック)、Tangerang (タンゲラン)、Bekasi (ブカシ)という周辺の都市の名前を組み合わせています。

この中で、ボゴール、デポック、ブカシについては、西ジャワ州(Jawa Barat)という州に属しており、タンゲランについては、バンテン州(Banten)という州に属しています(皆さんが飛行機で降り立つスカルノハッタ国際空港ですが、空港そのものは実はジャカルタ首都特別州ではなく、前述のバンテン州タンゲランにあります)。

 

さて、このように人口爆発を起こしているジャカルタ都市圏ですが、人口規模に対して公共交通インフラが大変貧弱であるため、ジャカルタ市内に大量の四輪・二輪が流入してしまい、あちこちで渋滞を起こしています。たった数キロ先のアポイントメント先に移動するだけなのに、道が詰まった結果1時間とかかかることもよくありましたよね。

私はちゃんと時間に余裕を持ってスケジュールを作成したのに、結局アポイントメントに遅れたことが何度もあります。

 

また、日本からの出張者だと、金曜日の夜行便で現地空港を飛び立って日本に帰るスケジュールが非常に多いのですが、「金曜日の夕方」というのが渋滞大当たりの時間帯で、大変運良く渋滞に巻き込まれて夜の便に乗れなかったビジネスマンがたくさんいるとか、いないとか。

 

さて、今日とりあげるニュースにつながっていくのですが、インドネシアでも2017年から、空港線がオープンしてジャカルタの中心街まで運行しています。

その名も、Soekarno-hatta Airport Raillink(スカルノハッタエアポートレールリンク)!

 

すでに2年くらい前に開業していますから、それ自体はまったく珍しくありませんけど、この空港線に新しく乗降できる駅が明日から増えますよ、っていうニュースです。

Mangarai駅(マンガライ駅)というできで、すでに複数路線が乗り込んでくる駅なのですが、この駅から新たに空港線に乗り降りできますよ、っていう記事です。

 

では、ニュースに入ります。

megapolitan.kompas.com

 

日本語>

10月5日より、マンガライ駅〜スカルノハッタ空港へのサービスを開始

ジャカルタコンパスドットコム 2019年10月5日(土曜)より、スカルノハッタ国際空港へ鉄道で行き来する人は、南ジャカルタのマンガライ駅を利用することができる。

 

空港線の特別駅は、現在鉄道旅行における中核駅となるべく整備が進んでいるマンガライ駅の一部となる。

 

マンガライ駅の一部であるが、空港駅の入り口は、他のKRL(ジャカルタ近郊の通勤鉄道網)、長距離列車の入り口とは分離されているそのため、空港線の利用者たちはより広々と快適に利用することができる。

 

空港線の入り口は、Saharjo I通りに沿い、マンガライ駅の中央口の西側に位置し、マンガライ市場方面の鉄道橋のそばにある。

 

運輸省鉄道総局の鉄道輸送・交通部長であるDanto Restiawan氏によれば、空港線の入り口が分離された理由としては、空港線の線路は駅のもっとも西側である9番線、10番線に位置しているためである。

 

それに加えてマンガライ駅に直接到着した乗客たちは、KRL(ジャカルタ近郊の通勤鉄道網)に乗り換えるなど人々で混雑して身動きがとれなくなるため、正面口を通過しません。

 

「もし空港線の乗客が中央口から入場すると、いくつも線路こえて長い距離を移動しなければならないし、鞄や大きな荷物をもって線路の踏切を移動するのは困難である。そこで、私たちはより近くて快適な入り口を作った。」とダント氏は述べた(2019年10月2日(水曜))。

 

また、空港線「コミューターライン」の乗客にとってもマンガライ駅からBNI City駅、Duri駅、Batu Ceper駅、スカルノハッタ空港駅へ向かう通勤路線客への代替交通にもなる。

 

乗客は9番線、10番線方面へ向かってコミューターラインを降り、券売機や窓口で切符を購入して空港線を引きつづき利用することができる。

 

空港線でマンガライ駅のが操業を開始することによって、人々は空港アクセスの代替手段を得ることになる。

 

従来であれば、空港線のサービスはSudirman Baru駅(BNI City)、Duri駅、BatuCeper駅からの利用であったが、これからはマンガライ駅からも利用することができる。

すでに安全試験は終了

駅の準備について鉄道総局はすでに運行、安全性の試験を行っている。

その試験によって、マンガライ駅の操業は適切であると判断されている。

「この駅は乗客の快適性を前面に押し出して建設されている。高齢者は障害を持っている人のためにホームに行くためのエレベーター、エスカレーターが備えられているため、重い、大きな荷物を持っている乗客にも困難がすくない。」

 

ちなみに空港線のチケットについてはすでに設置されている窓口や販売機で購入できる。マンガライ駅から空港線の出発については朝5:10から最終出発21:40まで、30分ごとに運行される。反対に、到着については、7:17から最終0:17まで運行される。

 

インドネシア語

Mulai 5 Oktober, Stasiun Manggarai Layani KA Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Sabtu (5/10/2019) depan, masyarakat yang menuju dan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan kereta api bandara, bisa naik dan turun di Stasiun KA Bandara di Manggarai, Jakarta Selatan. Stasiun khusus untuk KA Bandara di Stasiun Manggarai merupakan bagian dari Stasiun Manggarai yang sedang disiapkan menjadi stasiun sentral bagi seluruh perjalanan kereta api. Walau menjadi bagian dari Stasiun Manggarai, pintu masuk menuju Stasiun KA Bandara dipisahkan dengan pintu masuk untuk KRL dan KA Jarak Jauh. Dengan demikian, para pengguna KA Bandara akan lebih nyaman dan leluasa. Pintu masuk Stasiun KA Bandara terletak di sisi barat akses utama, di Jalan Saharjo I, samping jembatan kereta yang menuju ke arah Pasaraya Manggarai.

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restiawan, dipisahkannya pintu masuk bagi penumpang KA Bandara karena lintasan KA Bandara terletak di jalur 9 dan 10 yang terletak di jalur paling Barat. Selain itu penumpang yang datang langsung ke Stasiun Manggarai tidak lewat pintu depan karena calon penumpang KA Bandara akan terkendala pergerakan kereta di 7 jalur KA yang sangat padat dan ramainya penumpang KRL transit di stasiun. "Apabila calon penumpang harus melalui akses utama, maka mereka harus melintasi jalur yang cukup banyak dan jauh serta melalui perlintasan rel yang tidak mendukung untuk membawa koper atau bawaan yang besar. Jadi kami membuatkan akses yang lebih dekat dan nyaman," kata Danto, di Jakarta, Rabu (2/10/2019)

KA Bandara juga menjadi alternatif bagi penumpang commuterline yang hendak melanjutkan perjalanan dari stasiun Manggarai menuju Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Penumpang dapat menuju keperon 9 dan 10 untuk tap out commuterline dan melanjutkan perjalanan menggunakan KA Bandara dengan melakukan pembelian tiket melalui vending machine dan POS. Dengan dioperasikannya Stasiun KA Bandara Manggarai ini, masyarakat mempunyai alternatif akses untuk menuju bandara. Jika sebelumnya layanan KA Bandara hanya bisa dicapai melalui Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper, kini masyarakat bisa mengakses KA Bandara dari Stasiun Manggarai.

Sudah uji keselamatan

Mengenai kesiapan stasiun, Ditjen Perkeretaapian sudah melakukan uji pengoperasian prasarana dan

uji keselamatan. Dari hasil pengujian tersebut, stasiun itu dinyatakan layak untuk dioperasikan.


"Stasiun ini dibangun dengan mengedepankan kenyamanan penumpang. Untuk menuju ke peron, telah disediakan eskalator dan lift bagi lansia dan difabel, sehingga tidak menyulitkan penumpang apabila membawa barang bawaan yang besar dan berat," kata Danto. Sedangkan untuk tiket KA Bandara, calon penumpang bisa mendapatkannya dari POS dan beberapa vending machine yang telah disiapkan. Keberangkatan KA Bandara dari Manggarai akan dilakukan setiap 30 menit sekali dimulai pukul 05.10, dan keberangkatan terakhir pukul 21.40. Sementara untuk jadwal kedatangan, mulai pukul 07.17 dan kedatangan terakhir pukul 00.17.