インドネシア現地ニュース紹介ブログ

インドネシアの様々なニュース記事などを紹介するブログです。よろしくお願いいたします。

ガルーダインドネシア航空 スラウェシ島・マナド〜フィリピン・ダバオへ直行便就航開始(インドネシア語ちょっとした文法の話)

こんにちは。インドネシアブログの更新です。

ここ最近はインドネシア各地で学生によるデモが同時的に発生していてインドネシア国内は混乱気味です。そちらの方のニュースを取り上げた方が熱いのかな?とは思ったんですが、ちょっと話が重たかったので今日はタイトルのとおりになってしまいました。

 

さて、先月末から、スラウェシ島北スラウェシ州にあるマナドという街から、フィリピンのダバオへの直行便が就航しました。週二回の往復で、月金に運航されるそうです。

 

ニュースの中では、ガルーダインドネシア航空、取締役Ari Askhara氏の話にもとづいて本件の説明が進んでいくのですが、今回この便の就航に踏み切った理由としては、フィリピン側のダバオを訪れる外国人観光客をインドネシア側まで引き込みたいという狙いがあるようです。ダバオを訪れる外国人観光客は年間230万人だったそうです。

 

「本ルートの運航によって、特に経済、投資、貿易、さらに観光分野での協力関係の振興をサポートができることを望んでいる。」という風に述べています。

“Pengoperasian rute ini juga kami harapkan dapat menunjang pengembangan kerja sama,  khususnya ekonomi, investasi, perdagangan maupun kegiatan pariwisata."

 

↑の原文ですが、"pengoperasian"という単語があります。

実はこれ、分解できる言葉なんですが、"peng-operasi-an"という風に、頭と、お尻に飾りがついていまして、言葉の根幹にあるのは、"Operasi"つまり、英語の"Operation"です。

 

この"operasi"という語根からもたくさんの単語、語法が生まれてきています。

① operasi 手術、(機械などの)操作、操縦、運営、オペレーション

② ber-operasi (機械などが)作動する

③ meng-operasi 〜を手術する

④ meng-operasi-kan 〜を手術する、操作する、稼働させる、運営する、オペレーションする

⑤ peng-operasi 操作する人、技手、オペレーションする人

⑥ peng-operasi-an 操作すること、運転すること、オペレーションすること

という感じです。

 

よく、インドネシア語は共通語だから簡単、とか交易語だから単純、とかそういうことを言う方々がいます。確かに、インドネシア語には声調がありませんし、発音の体系も日本語に近い、過去形や未来形などの時制で動詞そのものががが変化することもありません。ですから、レストランで注文する、ドライバーと話す、というようなレベル感であれば、とっつきやすいのかもしれません。

 

ただ、やはりインドネシア語も「言語」であって、話題が政治や経済などの話になってくれば、もっと難しい文法・単語・言い回しを求められるのであって、やはりそのレベル感になれば難しいです。で、そういったインドネシア語の難しさが出てくるのが、先ほど説明したような、一つの語根から、様々な派生単語、表現が繰り出される、というところに出ています。

 

さて、ニュース入ります。

www.liputan6.com

(日本語訳)

空のアクセスが拡大、ガルーダインドネシアがマナド~ダバオ新航路

Liputan6.com ジャカルタ ガルーダインドネシア航空はマナドとフィリピンダバオの新航路を開設する。この路線は経済や観光分野の成長を強力にサポートするものである。

 

ガルーダインドネシア取締役Ari Askhara氏によれば、この航路は「(地域を)tii境目なく繋ぐ(Seamless connectivity)」ことを体現する取組みである。

 

ガルーダインドネシア取締役Ari Askhara氏によれば、この航路は「境目なく繋ぐ(Seamless connectivity)」ことを体現する取組みである。

 

ルーダとしては、この直行便が重要な契機になることを期待している。インドネシアとフィリピンの航空アクセス拡大含め、特に貿易や投資のセクターを強化したい、とAri氏は付け加えた。

 

「北スラウェシは政府として5つの重要な目的地(Destination)の一つであると宣言されたのと一致しており、このルートの開業によって、観光やインフラ等の特区の発展を加速させ、北スラウェシを訪れる観光客の興味を引けるようにしたい。」とAri氏は説明している。

 

ガルーダが本ルートを開設するのには理由がある。第一に、ダバオを訪れる観光客の数である。その数は、2018年には230万人にのぼった。この数は、マナドの観光振興のための絶好の機会となる。ダバオからマナドへの直行便によって強化される。ダバオを訪れる観光客が、マナドまで足を伸ばすことが期待される、とAri氏は述べている。

 

ダバオ市は果物の生産、特にパイナップルや蘭の花で有名である。また、イスラム文化の多様な観光資源がある。また、ダバオ市は南フィリピンの様々な観光地へのアクセスのための起点となる。

 

「244,000ヘクタールにも及ぶ面積の中で、ダバオ市は山岳、海岸、保護森林からショッピングセンターまで、自然、文化、両方の魅力的な観光資源を持っている。」とAri氏は説明してる。

 

マナド-ダバオ間の往復便はarmada ATR72-600で運行される予定である。定員は70名(すべてエコノミークラス)である。当便は週に二回、月曜日と金曜日である運行される。

 

マナド-ダバオ便は、フライト番号GA7401で運行される。サム・トゥランギ国際空港を中部インドネシア時間10:30に出発する。反対に、ダバオ-マナド便はフライト番号GA7402で運行される。フランシスコ・バンゴイ国際空港を13:15(現地時間)に出発する。

 

観光省市場振興部の副部長Rizki Handayani氏はこの新航路は北スラウェシに非常に利益になると述べている。

このフライトは北スラウェシの観光産業にとってよいきっかけとなる。質が高いアトラクションを整え演出していくきっかけとなる。目的はダバオを経由して訪れる観光客を惹きつけることである。さらに、外国人観光客の滞在日数を増やすことである。

観光大臣はガルーダインドネシアに対して、マナドへより高頻度でのアクセスを要望した。

 

「私たちは優先度の高い観光地開発の取組を行っている。その一つが来たスラウェシのリクパンである。この地域の振興をサポートするため、幅広いアクセス方法を必要としている。ガルーダはすでにダバオからマナドへの空路就航を通じて、貢献している。ガルーダに感謝したい。」と観光大臣は述べた。

 

インドネシア語

Perluas Akses Udara, Garuda Indonesia Buka Rute Manado-Davao

Liputan6.com, Jakarta Maskapai Garuda Indonesia membuka rute baru Manado-Davao Filipina. Rute ini sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

 

Menurut Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara rute ini adalah upaya untuk menghadirkan konektivitas tanpa batas (seamless connectivity).

 

“Pengoperasian rute ini juga kami harapkan dapat menunjang pengembangan kerja sama. Khususnya ekonomi, investasi, perdagangan maupun kegiatan pariwisata. Tetutama wilayah regional antara Davao sebagai salah satu pusat bisnis di selatan Filipina dengan berbagai wilayah di provinsi Sulawesi Utara,” paparnya.

 

Ia menambahkan, Garuda juga berharap penerbangan langsung ini juga akan menjadi momentum penting. Khususnya dalam memperkuat sektor perdagangan dan investasi. Termasuk perluasan akses konektivitas udara antara Indonesia dan Filipina.

 

"Sejalan dengan dicanangkannya Sulawesi Utara sebagai salah satu dari 5 destinasi super prioritas oleh pemerintah, dibukanya rute ini kami harapkan juga dapat mendukung upaya percepatan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dan infrastruktur, khususnya disejumlah sektor wisata unggulan sehingga mampu menarik minat wisatawan berkunjung ke Sulawesi Utara,” jelas Ari.

 

Dijelaskannya, ada alasan mengapa Garuda membuka rute ini. Pertama jumlah kunjungan wisatawan ke Davao. Jumlahnya mencapai 2,3 juta orang tahun 2018. Angka ini dapat menjadi peluang tersendiri bagi pengembangan potensi kepariwisataan di Manado. Hal ini diperkuat dengan akses penerbangan langsung dari Davao menuju Manado. Wisatawan yang menuju Davao diharapkan akan melanjutkan perjalanan ke Manado.

 

Kota Davao dikenal sebagai kota perkebunan dan penghasil buah. Khususnya nanas dan tanaman Anggrek. Di sana juga ada keragaman wisata heritage kebudayaan Islam. Kota ini juga menjadi pintu masuk ke berbagai destinasi wisata unggulan di Filipina Selatan.

"Dengan luas wilayah mencapai 244 ribu hektar, Davao memiliki berbagai daya tarik potensi pariwisata berbasis alam dan budaya seperti pegunungan, pantai, hutan lindung, hingga wilayah Pusat komersial", jelas Ari.

 

Penerbangan Manado - Davao pp akan dioperasikan dengan armada ATR 72-600. Kapasitasnya 70 penumpang (all economy class). Penerbangan dilakukan sebanyak 2 kali per minggu, yakni pada hari Senin dan Jumat.

 

Penerbangan Manado – Davao akan beroperasi dengan nomor penerbangan GA 7401. Berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi pada pukul 10.30 WITA. Sedangkan penerbangan Davao – Manado akan beroperasi dengan nomor penerbangan GA 7402. Berangkat dari Bandara Internasional Francisco Bangoy pada pukul 13.15 (local time).

 

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan rute baru ini akan sangat menguntungkan Sulawesi Utara.

 

“Penerbangan ini menjadi momentum yang bagus buat pariwisata Sulawesi Utara. Momentum untuk berbenah dan menghadirkan atraksi berkualitas. Tujuannya tak lain untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara yang datang melalui Davao. Selain itu juga untuk memperpanjang lenght of stay para wisman,” papar Rizki, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani.

 

Menteri Pariwisata memberikan apresiasi kepada Garuda Indonesia. Karena membuat akses menuju Manado semakin banyak.

 

“Kita sedang menggarap destinasi super prioritas. Salah satunya Likupang yang ada di Sulawesi Utara. Untuk mendukung pengembangannya, kita butuh akses yang luas. Garuda sudah membantu dengan membuka akses menuju Manado dari Davao. Dan ini akan membantu. Terima kasih Garuda,” katanya.

 

おわり