インドネシア現地ニュース紹介ブログ

インドネシアの様々なニュース記事などを紹介するブログです。よろしくお願いいたします。

ガルーダ機、着陸時に車輪破裂

こんにちは。久しぶりのインドネシアブログの更新になります。本当は最新の現地ニュースを皆さんにお伝えするブログのつもりでスタートしたのですが、記事の翻訳が遅くなってしまって、今日は先週のニュースになってしまいました。

みなさんおなじみのガルーダインドネシア航空の記事です。北スマトラのとある空港で、着陸時に車輪の破裂事故がおきたそうです。

私は世代的にガルーダインドネシア航空に搭乗することにあまり抵抗ないんですけど、やはりこういう事件が発生すると背筋が凍ります。この他にも、オーバーラン、川に不時着、掘り返せばキリがないですね。かの福岡空港での離陸失敗事故もありましたね。

 

しかし!今木村が住んでいる関西国際空港からは、ジャカルタ直行はガルーダインドネシア航空しかないのです笑ではさっそくニュース記事に入りますね。

www.beritasatu.com

Pesawat Garuda Pecah Ban Saat Mendarat di Kualanamu

.

Senin, 11 Juni 2018 | 23:46 WIB

 

Kualanamu - Pesawat Garuda GA 190 mengalami pecah ban saat mendarat di Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA), Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Senin (11/6) sore. Tidak ada korban jiwa, 174 orang yang ada di dalam pesawat, meliputi 167 penumpang dan 7 kru pesawat, dilaporkan selamat dari musibah tersebut.

Peristiwa ini sempat mengundang kehebohan, apalagi penumpang pesawat dikabarkan sempat merasa panik saat mengalami langsung kejadian itu. Musibah ini juga membuat 10 pesawat lain dengan tujuan Kualanamu dilaporkan tidak bisa mendarat. Bandara sempat ditutup beberapa saat.

"Kejadiannya terjadi sekitar pukul 17.56 WIB. Ada dua ban pesawat di bagian belakang sebelah kiri yang mengalami pecah ban saat pesawat landing. Ketika itu, pesawat terus berherak ke taxi way. Seluruh penumpang dalam kondisi baik-baik. Tidak ada yang terluka," ujar Airport Duty Manager Bandara Kualanamu, Abdi Nugroho.

Abdi mengatakan, jadwal penerbangan mengalami gangguan akibat kejadian pesawat mengalami pecah ban tersebut. Ini semua terpaksa dilakukan karena petugas melakukan sterilisasi di area runway. Sebab, sisa-sisa ban pecah banyak di sekitar landasan yang harus dibersihkan.

"Pesawat yang sempat bergerak untuk berangkat (take off) terpaksa balik lagi. Ada juga 10 pesawat yang terpaksa berputar-putar di udara sembari menunggu petunjuk untuk bisa mendarat. Peristiwa ini baru pertama kali terjadi pada pesawat milik maskapai Garuda. Sebelumnya tidak pernah terjadi," jelasnya.

Insiden ban pesawat pecah viral di media sosial. Banyak netizen yang mengeluhkan kejadian tersebut. Apalagi, seluruh jadwal penerbangan mengalami penundaan. Namun, tidak sedikit pula kalangan netizen yang mendoakan agar semua penumpang dan kru pesawat dalam kondisi baik.

"Bandara tutup 2 jam. Ban pesawat Garuda pecah. Pesawat mutar-mutar di udara. Semoga smuanya baik-baik. God save our flight. No worry," tulis seorang pemilik akun Simanjuntak R. Masta di Facebook. Dalam akun itu, Masta mengunggah dirinya bersabar menunggu pesawat di Bandara Kualanamu.

Begitu juga dengan akun lainnya, seorang netizen dengan nama Zay menyampaikan, insiden pecah ban mengakibatkan runway harus dibersihkan sampai selesai. Petugas melakukan ini demi kelancaran pesawat saat berangkat maupun mendarat di Kualanamu tersebut.

Selain ramai komentar dari kalangan netizen di media sosial, masyarakat juga banyak menerima foto-foto atas insiden itu. Dalam salah satu foto yang beredar terlihat kondisi dua ban pesawat yang hancur. Foto lainnya menunjukkan penumpang yang dievakuasi ke dalam bus, serta kondisi runway di Bandara Kualanamu. 

 

「ガルーダ機、着陸時に車輪破裂」

2018年6月11日(月曜)西インドネシア時間23時46分

クアラナム-ガルーダインドネシアの航空機GA190の車輪が、6月11日(月曜)、北スマトラ州デリスルダン県のクアラナム国際空港への着陸時に破裂した。この惨事にあっても死者はなく、167名の乗客、7名の乗務員、合計174名の無事が確認された。

事件は混乱を引き起こし、ことを知った乗客は一時パニックに陥った。これによってクアラナム空港は一時閉鎖、他の10機が着陸できなくなった。

クアラナム空港のDuty ManagerであるAbdi Nugrohoは、「この事故は西インドネシア時間17時56分頃ごろおきた。航空機後方左側の車輪が着陸時に破裂した。その先、航空機はそのまま誘導路まで移動した。乗客は全員無事でけが人もいなかった。」と説明している。

滑走路周辺には車輪の残骸が散乱しており、空港職員がその除去にあたったため、やむなくフライトのスケジュールが遅延したことを説明した。

「離陸に向けて動いていた航空機はやむなくももどった。また10機が着陸の指示を待ちながら空中を旋回した。これはガルーダインドネシア航空の保有する機材においては過去に起きたことのない初めての事故である。」とAbdiは説明した。

この事故はソーシャルメディアにおいても拡散し、多くのネットユーザーがこの事故を嘆き、批判した。多くのフライトが遅延したが、ネットでは乗客と乗務員の安否を気遣う投稿も少なくなかった。

「ガルーダ機車輪の破裂によって空港は2時間閉鎖。航空機は空中で旋回している。でも全員の無事を祈る。神は私たちのフライトを守ってくれる。心配いらない」Simanjuntak R. MastaはFacebookアカウントへ投稿した。Mastaは落ち着いて航空機を待つ自身の姿を併せて投稿した。

他のアカウントでも同様、Zayという名のユーザーは、この事故について、空港職員たちが、航空機は円滑に離着陸が行えるよう最後まで滑走路の清掃を行っている、と伝えた。

ソーシャルメディアではこういった投稿だけでなく、この事故の写真も確認することができた。ある写真では破裂した航空機の車輪、また他にはバスで避難する乗客、さらにクアラナム空港の滑走路の写真なども確認することができた。